Minggu, 29 Juli 2012

Cara Membuat Antena TV Sederhana

Cara Membuat Antena TV Sederhana - Apakah dirumah anda ada Antena TV ? Atau sudah ada tapi tidak bisa dipakai lagi ? Jika benar, Kami punya solusinya. Pada postingan kali ini kami ingin mencoba berbagi sedikit ilmu mengenai cara membuat Antena TV sederhana. Ingin tau caranya, simak cara membuat antena TV sederhana di bawah ini.

 CARA MEMBUAT ANTENA TV SEDERHANA

Cara Membuat Antena TV Sederhana

 I. Siapkan alat dan bahannya seperti dibawah ini :

 Alat :
1. Bor
2. Obeng
3. Penggaris / Meteran
4.Gergaji Besi

Bahan :
1. Almunium Kotak
2. Batang Aluminium bundar ± 6 meter
3. Box Antena
4. Kabel RG-6 ( Coaxial ) 5 meter
5. Mur/Baut

II. Carilah frekuensi TV yang diingikan kemudian carilah lamdanya dengan rumus ( lamda = C/F ). Dimana C merupakan kecepatan cahaya ( 3 x 10^8 ) dan F adalah frekuensi channel TV tadi yang dicari dalam satuan MHz. Contoh beberapa Frekuensi Saluran TV di Indonesia

SCTV = 3756 MHz
TVRI = 3765 MHz
RCTI = 3774 MHz
TV One = 3786 MHz
Global TV = 3934 MHz
INDOSIAR = 4000 MHz
METRO TV = 4055 MHz
TRANS 7 = 3990 MHz
ANTV = 4014 MHz
TRANS TV = 4086 MHz

Ingat :
Anda boleh menggunakan satu lamda, setengah lamda atau bahkan seperempat lamda. Itu semua tergantung dari selera Anda, namun itu juga dapat mempengaruhi kualitas dari gambar yang diterima. Dimana semakin besar lamda yang digunakan maka hadil yang didapat juga akan maksimal. Namun tidak menutup kemungkinan juga yang kecil lamdanya hasilnya nanti tidak bagus.

III. Setelah itu potonglah batang aluminium bundar sesuai dengan panjang lamda yang telah dihitung untuk setiap directory. Kemudian nanti directorynya diberikan lubang kecil ditengah untuk tempat mur/baut.

IV. Ambillah aluminium kotak tadi kemudian lubangi aluminium kotak itu masing-masing jarak setiap directory 5cm. Lalu bor lah ketika telah ditandai.

V. Setelah aluminium kotak tadi telah selesai di bor dan semua directory telah jadi maka masukkanlah satu persatu directory ke dalam aluminium kotak tadi. Lalu ambillah mur/baut, dan obeng untuk mengencangkannya.
VI. Setelah semua directory telah terpasang dengan baik pada aluminium kotak tadi, maka kita tinggal memasang box antena nya saja lalu kencangkan dengan obeng.

VII. Akhirnya jadilah antena TV sederhana seperti gambar di bawah ini.

Cara Membuat Antena TV Sederhana

Demikianlah sedikit yang bisa kami bagi mengenai Cara Membuat Antena TV sederhana. Semoga trik sederhana ini bisa bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba dan selamat berkarya, Good Luck!

0 komentar:

HOT Nyus !

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...